Thursday 27 August 2015

Statistika Dasar



Statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisi, menginterpertasi dan memperesentasikan data, singkatnya “ Statistika adalah ilmu mengenai DATA “.

Contoh :

Misalkan dari 8 jenis pakaian yang dijual di swalayan, harganya masing-masing ditampilkan pada tabel berikut.

Pada tabel di atas tampak bahwa harga pakaian jenis V adalah Rp30.000,00. Dari informasi yang terdapat pada tabel tersebut, angka Rp30.000,00 dinamakan datum, sedangkan keseluruhan harga dari 8 jenis pakaian itu dinamakan data.
Data dapat diperoleh dengan wawancara, kuesioner, dan observasi.
Wawancara : dilakukan secara langsung dengan narasumber.
Kuesioner : dilakukan dengan cara menyusun sejumlah pertanyaan dalam suatu daftar, kemudian disebarkan kepada orang yang hendak diambil datanya
Observasi : dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap objek atau orang yang akan diambil datanya.

Setelah diperoleh data, agar lebih mudah dianalisis, data disederhanakan baik dengan penyusunan, pengelompokan, maupun pembulatan. Dari data di atas juga tampak bahwa harga pakaian termurah (terendah) adalah jenis pakaian I, yaitu Rp20.000,00 dan harga pakaian termahal (tertinggi) adalah jenis pakaian VIII, yaitu Rp80.000,00.
Nilai-nilai harga termahal dan harga termurah dalam kumpulan datum di atas termasuk statistik. Selain nilai terendah dan tertinggi dari suatu data, statistik lainnya adalah rataan hitung (mean), nilai tengah (median), nilai yang sering muncul (modus), dan kuartil. Nilai-nilai ini akan kita pelajari pada subbab berikut. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa statistik adalah ukuran ukuran yang dapat mewakili suatu kumpulan datum.
Statistik dapat diperoleh dari hasil perhitungan terhadap data yang ada. Ilmu yang mempelajari tentang metode pengumpulan, perhitungan, pengolahan, cara menganalisis data, serta penarikan suatu kesimpulan dinamakan statistika.



Kamus
Statistika   : adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisi, menginterpertasi dan memperesentasikan data, singkatnya “ Statistika adalah ilmu mengenai DATA.
Statistik      : adalah ukuran ukuran yang dapat mewakili suatu kumpulan datum.
Datum        : informasi yang diperoleh dari data baik berupa bilangan lambang atau sifat.
Data           : hasil yang diperoleh pada penelitian atau pengamatan yang dikumpulkan.
Mean         : Rata rata data
Median      : Nilai tengah pada data setelah di urutkan
Modus       : Nilai yang paling banyak muncul

No comments:

Post a Comment